[Unic] 10 tradisi china yang harus kamu tahu


1. Selalu merendah bila mendapat pujian

Tradisi di china sangat menerapkan sikap kesederhanaan dan sopan tanpa menujukkan kelebihan yang dimiliki, karena itu bila mendapatkan pujian dari seseorang, mereka akan menyanggahnya dengan penuh kerendahan hati. Misalnya saat memuji makanan yang dimasak, biasanya si penerima pujian akan berkata "Ah, tidak, masakan ini tidak enak sama sekali" yang menunjukkan bahwa si penerima pujian tidak berbesar hati atas pujian yang diberikan padanya.

2. Lebih banyak memuji daripada mempermalukan orang lain.

Untuk mendapatkan simpati, banyaklah memuji hal yang pantas dipuji dalam berbagai kesempatan, dengan begitu Anda akan lebih dihargai dan hindarilah menyebarkan aib orang lain karena menjaga perasaan sangatlah penting dalam tradisi China.

3. Hindari bersitegang di depan umum.

Keharmonisan dalam bermasyarakat menjadi suatu kebiasaan di China. Sebagai pendatang, hendaknya menghindari bertengkar atau bersitengang dengan orang lain. Dengan sikap saling menghargai yang kuat keharmonisan dapat terjaga dengan baik. Belajarlah untuk lebih lemah lembut dan sabar dalam kondisi apapun.

4. Memanggil dengan nama keluarga

Nama-nama warga china biasanya memiliki dua suku kata dimana didalamnya terdapat nama keluarganya, nama keluarga biasa diletakkan di depan. Sehingga apabila seseorang memiliki nama Mr. Li Ming, panggillah ia dengan nama Mr. Li, karena Li adalah nama keluarganya dan Ming adalah nama aslinya. Jangan memanggilnya dengan Mr. Ming karena itu suatu tindakan yang tidak sopan.

5. Etika menggunakan sumpit

Bila Anda ragu-ragu saat akan mengambil makanan, gunakanlah sendok atau garpu, karena bila mengambil makanan dengan menggunakan ujung sumpit yang salah dapat menjadi tindakan yang tidak sopan di atas meja makan.

6. Menawarkan orang lain terlebih dahulu saat akan meminum alkohol atau arak

Meminum alkohol atau arak tanpa menawarkan terlebih dahulu kepada orang lain di sekitar anda menjadi suatu tindakan kurang sopan bagi orang-orang yang melihat anda meminum alkohol atau arak.

7. Jangan membiarkan seseorang membayarkan tagihan anda tanpa anda menolaknya terlebih dahulu.

Setidaknya jangan langsung menerima tawaran pembayaran orang lain, anda harus terlihat berusaha untuk membayar sendiri. Ini menujukkan rasa sopan anda untuk tidak terlihat berharap mendapatkan sesuatu dari orang lain.

8. Bawalah buah tangan saat berkunjung ke rumah seseorang.

Saling memberi dan menerima menjadi kebiasaan kecil saat berkunjung ket empat teman atau kerabat. Dengan memberi hadiah untuk orang lain, menandakan tingkat kesopanan terhadap tuan rumah, walaupun anda berkunjung di saat spesial maupun tidak. Buah tangan yang biasa di bawa diantaranya adalah kue dan buah-buahan segar.

9. Jangan langsung menerima tawaran makanan, minuman, hadiah tanpa terlebih dulu menolaknya

Untuk menghindari kesan tamak, walaupun anda sangat menginginkan barang yang akan di beri, cobalah untuk menolaknya terlebih dahulu setelah itu dengan sopan menerima barang pemberian tersebut.

10. Jangan menganggap serius saat penolakan pertama atas pemberian anda.

Biasakanlah untuk menawarkan hingga beberapa kali (minimal dua kali) walaupun mereka berkata "Tidak terimaksih".

0 komentar:

Posting Komentar