[Unic] Kuil di Jepang Tawarkan Ritual Mensucikan Gadget

TOKYO - Seorang pria bernama Brian Ashcraft mendatangi kuil Kanda Shrine di Tokyo, untuk menjalani ritual penyucian dan pemberkatan ponselnya.

Ini bukan mengada-ada namun sungguh terjadi. Si pemilik ponsel mengaku sangat khawatir kehilangan ponsel untuk kesekian kalinya. Oleh karena itu dia memutuskan untuk membawa ponselnya kepada seorang pemuka agama Shinto agar terhindar dari kesialan.

"Saya sudah berulang kali tertimpa nasib malang karena ponsel," kata Ashcraft seperti yang dikutip dari Wired.com, Senin (29/6/2009).

"Diantara ponsel yang saya miliki ada yang hilang di gedung bioskop. Ada pula yang hilang secara misterius tanpa jejak. Ponsel saya selanjutnya ikut tercuci dalam mesin cuci kerena ditaruh dalam saku celana. Sementara yang terakhir, hilang tanpa jejak hanya dalam waktu kurang dari satu minggu," lanjutnya.

Agama Shinto meyakini bahwa hampir semua benda di dunia, baik yang bernyawa ataupun tidak, pada hakikatnya memiliki ruh. Sehingga, apapun bisa diberkati dari mulai bayi yang baru lahir sampai gadget.

Oleh karena itu para pemuka agama di Kanda Shrine, menyediakan layanan khusus pemberkatan dan penyucian gadget.

Kanda Shrine sudah mulai menyediakan layanan metafisika berhubungan dengan ICT sejak tujuh tahun lalu, ketika Microsoft XP mulai dipasarkan di Jepang. Kuil suci itu membuatkan jimat bagi sistem operasi XP untuk mencegah terjadinya kerusakan sistem komputer.

Tak lama setelah itu, permintaan untuk menyucikan dan memberkati perangkat gadget dan elektronik mengalir deras. Para pemuka agama Shinto kebanjiran permintaan untuk mengadakan ritual penyucian laptop, ponsel, bahkan web portal.

Kuil Kanda menawarkan jasa ritual penyucian gadget dengan tarif sebesar 5.000 yen. Selain itu, kuil ini pun menawarkan jimat berbentuk seperti microchip seharga 800 yen. (srn)

0 komentar:

Posting Komentar