[Techno] Warga Inggris Bisa Berobat Secara Online


LONDON - Perkembangan teknologi digital memungkinkan segala hal dapat dilakukan secara online melalui internet. Ini juga terjadi pada pembaharuan layanan kesehatan.

Sebuah situs baru di Inggris yang beralamat di www.healthtalkonline.org hadir guna memberikan layanan konsultasi kesehatan. Melalui situs ini, pengakses dapat berinteraksi dengan para ahli kesehatan layaknya mereka berhadapan langsung dengan dokter tanpa harus sering-sering mengunjugi klinik atau rumah sakit.

Hal ini tentunya dipandang sebagai suatu pembaharuan penting di bidang konsultasi kedokteran. Beberapa tahun lalu ketika seorang pasien didiagnosa memiliki penyakit, pasien itu harus datang berkonsultasi langsung dengan dokter atau perawat kemudian diminta untuk datang lagi beberapa waktu kemudian untuk mengetahui perkembangan kesehatan pasien.

Agar konsultasi kesehatan berjalan efisien, para ahli kesehatan di Inggris telah memikirkan cara untuk menghadirkan layanan konsuiltasi kesehatan secara online. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Sabtu (4/7/2009).

Healthtalkonline didirikan atas bantuan dana dari Oxford University. Sebelumnya, banyak situs-situs sejenis yang menawarkan layanan konsultasi kesehatan. Namun Healthtalkonline mengklaim mereka menawarkan jasa konsultasi yang berbeda dibandingkan situs lainnya.

Pasalnya, situs ini menawarkan interaksi antara dokter dan pasien secara real-time. Sehingga layanan konsultasi benar-benar seperti berhadapan langsung dengan dokter.

Tak heran beberapa profesional dan selebritis Inggris langsung tertarik dengan situs ini. Diantaranya adalah Thom Yorke, pentolan grup band asal Inggris Radiohead dan penulis ternama Philip Pullman. Keduanya mengaku sama-sama terbantu untuk tetap bisa mengetahui perkembangan kesehatan di sela-sela jadwal yang padat tanpa harus intens berkunjung ke rumah sakit.

0 komentar:

Posting Komentar